0 0
Advertisement Section

Kejari Fakfak Musnahkan BB Yang Berkekuatan Hukum Tetap Tahun 2022

Read Time:1 Minute, 42 Second

Fakfak, Pemusnahan Barang Bukti ( BB ) yang juga Merupakan Komitmen Kejaksaan dalam Penegakan Hukum, Pemusnahan BB merupakan tindak lanjut dari tugas kewenangan jaksa sebagai eksekutor dalam Tindak Pidana untuk melakukan eksekusi BB terhadap Perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (Inkracht Van Gewijsde) dan dilaksanakan secara berkala agar tidak ada Penyalahgunaan Barang Bukti oleh oknum – oknum tertentu sekaligus memberikan efek jera terhadap pelaku tindak kejahatan.

Barang Bukti yang dimusnahkan pada hari Selasa, 20/12/2022 yang bertempat di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Fakfak, yang di saksikan Oleh Forkopimda, dan istansi Pemrintah Vertikal dan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD ) serta Tokoh adat dan Tokoh Agama juga Masyarakat Fakfak.

Kajari Fakfak Nixon Nikolaus Nilla, Kepala Seksi Barang Jasmawati mengatakan bahwa, BB yang di musnahkan berjumlah 12 Perkara Tindak Pidana Umum terdiri dari, (dua) Perkara Narkotika, 5 (Lima) Perkara Pangan, 3 (Perkara) Perlindungan anak, 1  (satu) Perkara Penganiayaan, Dan 1 (satu) Perkara Pencurian.

BB Yang telah berkekuatan Hukum tetap (Inkracht) Periode Bulan September s/d Desember Tahun 2022, Adapun jenis Barang Bukti yang akan dimusnahkan sesuai dengan Amar Putusannya antara lain, Miras Jenis Sopi sebanyak =  4,756 liter, ( 4 Perkara ).dimana sejumlah 3.920 liter dititipkan pada Polres Fakfak, Narkotika Jenis Ganja sejumlah 2 Perkara yaitu 1,42588   gram dan 22,0751 gram;

111 Paket Kosmetik yang tidak memiliki ijin edar, 36 karung ukuran 50 kg berisikan Dedak, Serta Barang Bukti Lainnya Berupa Baju, Celana, Kursi Plastik yang digunakan dalam Perkara Cabul dan Penganiayaan.

Pemusnahan BB ini dilakukan dengan carasebagai berikut, Sehingga Barang Bukti tersebut tidak dapat digunakan kembali, Untuk Narkotika Jenis Ganja, Dedak, Kosmetik serbuk dan Barang bukti lain berupa Baju, Celana dan Kursi Plastik dibakar.

Sedangkan Untuk Paket Kosmetik Cair di tumpahkan kedalam ember dan dilarutkan dengan air, Sedangkan Untuk Barang Bukti Miras Jenis Sopi ditumpahkan Kedalam selokan.

Pemusnahan BB yang telah mempunyai Kekuatan Hukum tetap (inkracht) dengan harapkan agar semoga tingkat Kejahatan di Fakfak akan berkurang, sehingga keadaan dan situasi di Wilayah Hukum Kejari Fakfak dan khususnya Masyarakat Kabupaten Fakfak menjadi aman, tentram dan kondusif. ( Rahman )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Program JKN Tahun 2023 Jadi Hadiah Natal Warga Pegaf
Next post Sat Pol Airud Polres Fakfak Mengucapakan Selamat merayakan Selamat Nataru
logo