0 0
Advertisement Section

Ada Kabar Gembira Untuk Warga Manokwari, Berobat di Puskesmas Wosi Cukup Tunjukan KTP

Read Time:2 Minute, 1 Second

Manokwari,  Sebagai upaya memberikan kemudahan pelayanan di fasilitas kesehatan khususnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kini bagi peserta JKN dengan kepesertaan aktif dapat mengakses pelayanan kesehatan hanya dengan menujukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Semenjak diberlakukannya KTP sebagai identitas peserta JKN, Puskesmas Wosi telah banyak menerima peserta JKN yang berobat hanya dengan menunjukan KTP tanpa bawa kartu JKN-nya. Ini merupakan salah satu kebijakan yang sangat membantu, karena kalau sebelumnya peserta harus menyiapkan KTP dan kartu JKN sekarang cukup satu identitas saja yaitu KTP,” ungkap Kepala Puskesmas Wosi Selfiana Safkaur di ruang kerjanya, Senin, (27/02).

Dengan adanya kebijakan tersebut banyak keluarga senang dan menyampaikan ke petugas puskesmas bahwa lebih baik menggunakan KTP saja supaya kalau mau berobat tidak perlu lagi mencari kartu JKN-nya ada dimana karena kalau KTP selalu dibawa kemana-mana.

Ia juga memastikan bahwa pihaknya terus memberikan kemudahan bagi peserta BPJS yang berobat ke Puskesmas Wosi dan memberikan edukasi kepada peserta apabila Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di luar Puskesmas Wosi agar segera mengubahnya.

Ssesuai dengan Rilis dari Humas BPJS “Saat ini juga masih ada peserta yang FKTP-nya di luar Puskesmas Wosi tapi berobatnya disini tetap kami layani, sehingga kami juga mengedukasi peserta untuk merubah FKTP-nya ke Puskesmas Wosi.

Kebetulan satu bulan berjalan ini ada petugas BPJS Kesehatan yang buka pelayanan di sini sehingga apabila ada data peserta yang tidak sesuai atau FKTP-nya tidak sesuai kami arahkan untuk segera merubahnya ke petugas BPJS Kesehatan yang ada disini,” tambahnya.

Selain kepada peserta yang berobat di Puskesmas Wosi, ia juga memberikan sosialisasi edukasi info terbaru dari program JKN seperti KTP sebagai identitas peserta JKN yang dapat digunakan untuk berobat ke fasilitas kesehatan kepada organisasi ataupun jemaat di gereja-gereja yang kebetulan ia pengurusnya.

Menambahkan, Kepala Bidang Pelayanan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Nurus Dyah Mustikomurti menyampaikan bahwa layanan tersebut dapat dimanfaatkan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan Cabang Manokwari yakni Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Fakfak.

“Bagi masyarakat yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Manokwari apabila akan mengakses pelayanan kesehatan namun tidak dapat menunjukan kartu JKN ataupun KIS digital dapat langsung menunjukan KTP sebagai identitas peserta JKN. Selain itu, untuk kemudahan peserta dalam memperoleh layanan, peserta dapat mengambil antrean secara online pada Aplikasi Mobile JKN.

Diharapkan juga kepada peserta untuk tetap memastikan kepesertaannya aktif agar dapat digunakan saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” terang Nurus. (Rahman )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post 147 Wisatawan Masuk Triton Kaimana, Berlabuh Hingga 6 Jam
Next post SKK Migas – KKKS Bersinergi dengan PWI Lakukan Edukasi Hulu Migas, Di 4 PT di Sorong Raya
Daftar Harga Supplier Kaos Kemeja (2)