0 0
Advertisement Section

Para Nelayan Tradisional Di Distrik Kambrauw, Pasarkan Udang Ke Pasar Tanggaromi

Read Time:1 Minute, 39 Second

Kaimana, Nelayan Tradisional Pesisir pantai yang ada di distrik Kambrau memasarkan hasil tangkapan di pelabuhan rakyat tangararomi Kabupaten Kaimana.

Tangkapan nalayan berupa udang, Setiap hari para Nelayan tradisional dapat di pasarkan hingga mencapai puluhan ton.

Vinsen Isoga, salah seorang nelayan Kampung Koy menyebutkan, hasil tangkapan mereka tergantung dari kondisi cuaca alam dan pasang surut air laut.

“Kami bisa setiap malamnya hanya belasan kilogram saja, tapi kadang sampai 50 kilo gram, Yah, masih lumayan untuk ganti Bahan Bakar Minyak ( BBM ) dan sisanya untuk kebutuhan sehari – hari,” ujar Vinsen saat menimbang hasil tangkapannya di Pelabuhan Rakyat Kampung Tanggaromi Kabupaten Kaimana.

Katanya, hasil tangkapan yang sedang dipasarkan masih relatif kecil jika dibandingkan dengan hari – hari sebelumnya.

“Kalau air bagus, kami bisa sampai 2 juta Rupiah per hari, Untuk harga udang per kilo masih relatif murah, hanya 50.000 Rupiah per kilogram,” terang dia.

Namun salah satu kesulitan yang dihadapi oleh Para masyarakat Nelayan Tradisional yakni ruang yang merupakan penyimpanan hasil panen.

Hasil tangkapan sering mengalami kerusakan karena karena tidak adanya ruang penampung atau penyimpanan, sehingga banyak yang rusak dan terbuang.

Sementara itu, pengepul hasil udang di Pelabuhan Rakyat Tanggaromi, Syamsyah dalam keterangannya mengatakan, hasil tangkapan masyarakat setiap hari ditimbang langsung di Pelabuhan Rakyat Tanggaromi Kabupaten Kaimana.

” Kita menyediakan mobil juga untuk mengangkut hasil tangkapan nelayan, biasanya ada yang sampai 1 ton per hari, tergantung hasil nelayan, Kita memang menyediakan armada di sini setiap pagi, ” jelasnya.

Syamsyah menjelaskan bahwa mengadopsi Pelayanan di pelabuhan rakyat Tanggaromi, untuk membuka karena melihat peluang banyaknya warga kampung sekitar yang berkontribusi dalam aktifitas Sebagai Nelayan menangkap Hasil Laut.

” Berapa pun hasilnya, kalau banyak tetap kita ambil semua, Untuk saat ini, memang masyarakat sedang mencari udang di perairan ini, tetapi mereka juga terkadang tidak dapat menghasilkan karena ada kapal trol yang sering masuk ke tempat menangkap nelayan Tradisional, sehingga hasil tangkapan mereka berkurang “.

Potensi perikanan khususnya udang di kawasan Tanggaromi dan sekitarnya, semestinya diproteksi, untuk memberikan ruang bagi nelayan di kawasan itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi peningkatan kesejahteraan mereka.

Liputan : DAR

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post ROBY AWALUDIN MENGUCAPKAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1444 H / 2023 M
Next post DR. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si Mengucapkan Selamat Menunaikan Ubadah Puasa 1444 H 2023 M
Daftar Harga Supplier Kaos Kemeja (2)