0 0
Advertisement Section

Unjuk Rasa Tolak Pertambangan Nikel Di Kanwil ESDM Sultra Berlangsung Ricuh

Read Time:1 Minute, 25 Second

Kendari, Unjuk rasa puluhan warga desa Parasi, kecamatan Palangga, Konawe Selatan ( Konsel ), di Kantor Wilayah ( Kanwil ) Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ), yang berada di jalan Malaka, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara ( Sultra ).

Kedatanga masa yang melakukan Aksi Demo di Kanwil ESDM ini dengan Tujuan menolak pertambangan nikel yang di anggap Masih ilegal di Sekitar Kabupaten Konsel, Karena tidak pernah menyapaikan sejak awal pada warga masyarakat Pemilik Hak Ulayat.

Aksi demo jum,at 19/05/2023, melakukan bakar ban  sempat membuat cukup tegang karena berlangsung ricuh, di depan kanwil ESDM, karena masa aksi terlibat saling dorong dengan petugas, saat akan membakar ban bekas di depan Kanwil ESDM.

Saling dorong antara Masa Aksi unjuk rasa dan petugas Kanwil ESDM, untuk menerobos masuk tak dapat terhindarkan, saat puluhan masa, memaksa masuk, ke kantor dan akan membakar ban bekas di depam kantor.

Terjadinya kericuhan, karena pimpinan Kanwil ESDM, yang tidak bersedia untuk menemui masa aksi demo di depan kantor Kanwil ESDM Sultra.

Aksi unjuk rasa yang di dominasi dengan Kaum hawa atau ibu – ibu, meminta agar PT. Generasi Agung Perkasa ( GAP ), yang beroprasi Desa Parasi, kecamatan Palangga Selatan, Konsel, Sultra, segera angkat kaki dari Hal Ulayat Mereka yang ada di Kabupaten konsel.

Selain itu, warga juga meminta agar kementrian ESDM dan Juga Kementrian Investasi dan BKPM, untuk segera mencabut izin PT. GAP, yang di duga ilegal dalam menjalankan pertambangan nikel.

Warga juga meminta, pihak perusahaan dapat memperkejakan warga lokal, dan tidak mengutamakan warga dari luar Konsel mau pun Sultra.

Kordinator Aksi, Adi Mangidi kepada wartwan menyampaikan, jika tuntutan warga tidak di gubris, masa aksi berjanji akan kembali melakukan aksi unjuk rasa dengan jumlah masa yang lebih besar lagi dari yang ada pada Hari ini.

Liputan Tim : sokama.id

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Memilik 1 unit Kedaraan Oprasional DPC PD Fakfak
Next post Perayaan Halalbihalal Ormas FKPPI, TNI – Polri Fakfak Tahun 2023
logo