0 0
Advertisement Section

Pos SAR Kaimana Gelar Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan Permukaan Air

Read Time:1 Minute, 48 Second

Kaimana, Pos Search and Rescue (SAR) Kabupaten Kaimana menggelar pelatihan potensi SAR teknik pertolongan di permukaan air tahun anggaran 2023.

Pelatihan yang digelar pada Hotel Grand Papua, Senin (22/5) tersebut dihadiri oleh Bupati Kaimana yang diwakili Asisten I Setda Kaimana Luther Rumpombo, Kapolres Kaimana AKBP Gadug Kurniawan SIK, Danyon 764 IB Letkol Ucok Namara Kepala Kantor SAR Geroge Mercy Radang.

Bupati Kaimana dalam sambutan yang dibacakan oleh Luther Rumpombo menegaskan bahwa bencana datang tanpa dapat diduga dan diketahui oleh manusia. Bahkan sampai saat ini belum ditemukan alat yang mampu mengetahui kapan akan terjadinya sebuah kecelakaan.

Bencana yang datang pastinya akan merugikan manusia, baik itu harta benda maupun jiwa manusia dimana melalui sendi-sendi dan pada akhirnya mempengaruhi pembangunan.

” Mereka akan mengalami fenomena alam, maka mereka akan tertindas oleh alam itu sendiri, Upaya yang diperlukan dalam mengahadapi bencana atau kecelakaan adalah langkah yang harus dikerjakan dalam mengahadapi kecelakaan ataupun bencana agar dapat menyelamatkan diri dan perlu adanya tindakan lanjutan yakni tindakan cepat dan tepat” tegas Luther.

Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan Permukaan Air / Foto DAR

Oleh karena itu, upaya yang dilakukan adalah mempersiapkan diri dalam menghadapi kecelakaan maupun bencana yang mana harus selalu dilakukan oleh setiap orang. Hal ini guna dapat memberikan respon terhadap kecelakaan atau bencana dengan cepat,tepat dan efisien.

Melihat kondisi geografis kabupaten Kaimana yang berbatasan dengan sejumlah kabupaten memang perlu mendapatkan perhatian dari seluruh lapisan pemerintahan, swasta dan masyarakat.

” Lakukan langkah kongkrit, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan ini, oleh karenanya diharapkan seluruh potensi SAR dikabuoayen Kaimana dapat menerima seluruh ilmu yang diberikan, sehingga dapat menolong dri sendiri, keluarga dan masyarakat.” Ucap Luther.

Untuk itu, dia berpesan kepada seluruh komponen yang bergabung dengan Basarnas. Saya berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar selalu siap sedia suatu dibutuhkan dalam proses pencarian dan pertolongan.

Pelatihan yang akan dilaksanakan selama 6 hari kedepan tersebut dibuka secara langsung oleh Asisten I Setda Kaimana denga pukulan tifa sebanyak 3 kali.

Usai memberikan arahan Asisten I Setda Kaimana, didampingi Kepala Kantor SAR Timika menyamatkan tanda peserta dan dilanjutkan pemberian cindea mata oleh pemerintah daerah kepada Kepala Kantor SAR Timika, demikian dari Kepala Kantor SAR kepada Pemerintah daerah.

Liputan : DAR

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Satgas TMMD Kodim 1803/Fakfak Kejar Target Pembangunan Fisik Tak Kenal Libur
Next post Tujuan TMMD Untuk Percepatan Pembagunan Daerah Dan Bantu Kesulitan Masyarakat
logo