0 0
Advertisement Section

Hadirkan Forkopimda Kaimana, DLH Gelar Konsultasi Publik II KLHS RPJPD Tahun 2025-2045

Read Time:2 Minute, 8 Second

Kaimana, Dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Kaimana menggelar konsultasi publik ke-II tentang kajian lingkungan hidup strategis rencana pembangunan jangka panjang kabupaten Kaimana 2024-2045.

Dalam giat tersebut dihadiri oleh Bupati Kaimana yang diwakili oleh staf ahli Usman Fenetiruma, Kepala Kejaksaan Negeri Kaimana Anton Markus Londa, Pengadilan Negeri Kaimana Safrudin S.H, M.H kepala Dinas Lingkungan Hidup Sarifudin Werfete, Senin (25/9).

Bupati Kaimana dalam sambutannya yang dibacakan oleh staf ahli Usman Fenetiruma menjelaskan bahwa KLHS RPJPD harus disusun dengan memperhatikan ketentuan UU nomor 32 tahun 2009 tentang rencana perlindungan dan pengendalian lingkungan hidup.

Dan peraturan pemerintah no omor 46 tahun 2016 tentang tata cara pengendalian lingkungan hidup strategis.

Dalam hal tata kelola, Bupati mengatakan bahwa secara umum KLHS berprinsip mendorong upaya pembangunan yang berkelanjutan dengan data dukung sumber daya alam.

“Tidak ada peperencaan yang sempurna yang ada adalah bagaimana berpegang teguh, pada gagasan-gagasan yang baik, Dalam konteks itu KLHS di susun sebagai pemenuhan kewajiban konstitusional dan sebagai sebuah pedoman dalam menghadirkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan bagi kemaslahatan orang banyak di kabupaten Kaimana.” Terang Bupati.

Dia berharap apa yang ditawarkan oleh DLH dala. Bentuk KLHS kabupaten Kaimana diharapkan dapat menjawab permasalahan yang ada di kabupaten Kaimana.

Hal ini guna mengahadapi dan meningkatkan capaian-capaian yang telah  dan akan dihasilkan nantinya 

Bupati melanjutkan bahwa sebagai dokumen yang lahir melalui pendekatan perencanaan Partisipastif, harus memiliki target dan agenda dalam KLHS dan tingkat keberhasilan tentu memayi paduan pemahaman bersama stakeholder dan juga masyarakat.

” sebagai sebuah dokumen yang lahir melalui pendekatan perencanaan Partisipastif target dan agenda dalam KLHS akan berhasil jika ada keterpaduan pemahaman di tingkat masyarakat dan peran” jelas dia

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Sarifudin menjagatkaana bahwa konsultasi publik yang dilaksanakan oleh pihaknya merupakan salah satu agenda untuk memperkaya wawasan dan merampung ide-ide dari forum guna penyusunan KLHS RPJPD Kabupaten Kaimana 2025-2045.

Oleh karena itu konsultasi publik merupakan ruang untuk memberikan masukan untuk menjadi subtansi dari pada dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Kaimana.

” Penting saya sampaikan bahwa undangan yang kami sebarkan itu sudah sangat representatif karena berkaitan dengan 20 tahun kegiatan-kegiatan yang akan berjalan di kabupaten Kaimana” jelas Sarifudin.

Kaitan dengan hal tersebut, Sarifudin menambahkan bahwa berdasarkan peraturan presiden 111 tahun 2022 telah mengamanatkan kepada setiap kabupaten dalam menyusun RPJPD harus melihat 220 indikator sebagai pedoman dasar.

Dirinya berharap dengan adanya 220 indikator tersebut yang tersebar di setiap OPD kabupaten Kaimana, dapat menghasilkan output yang nantinya memuaskan melaluo forum konsultasi publik. Mengingat bahwa tahun 2024 nanti akan berlangsung pesta demokrasi pemilihan umum di seluruh wilayah Indonesia.

Liputan : DAR

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Daftar Pemilih 2024 Distrik KAYAUNI Kampung KAYUNI TPS 1
Next post Daftar Pemilih 2024 Distrik KAYAUNI Kampung KUAGAS TPS 1
Daftar Harga Supplier Kaos Kemeja (2)