1 0
Advertisement Section

Pemilihan Umum di Dekai, Yahukimo Dicurigai Tidak Sesuai Mekanisme

Read Time:1 Minute, 19 Second

Dekai, Papua – Pemilihan umum di Distrik Dekai, Kota Kabupaten Yahukimo, menuai kecaman karena dinilai tidak sesuai mekanisme pemilihan umum yang berlaku.

Kejanggalan terlihat di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), menimbulkan keraguan akan keabsahan hasil pemilihan.

Amsal Sama SH MH, seorang pengacara salah satu partai politik di Provinsi Papua Pegunungan, menyampaikan kekhawatirannya terhadap proses pemilihan tahun ini, khususnya di ibu kota Dekai.

Menurutnya, banyak kejanggalan yang terjadi di setiap TPS, termasuk masalah kehabisan surat suara dan penutupan TPS secara cepat.

Salah satu contoh yang disoroti adalah TPS 02 di Pasar Lama dan TPS 01 di Eselon 4, di mana banyak pemilih yang memiliki undangan tidak dapat mencoblos karena surat suara habis.

Selain itu, beberapa TPS dikritik karena menutup sebelum semua pemilih yang memiliki undangan dapat memberikan suaranya, menimbulkan kekecewaan di kalangan warga.

Dengan jumlah pemilih sekitar 250-300 per TPS, kotak suara seringkali habis sebelum mencapai kuorum yang memadai. Hal ini menjadi temuan yang umum di setiap TPS, menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara kapasitas kotak suara dengan jumlah pemilih yang seharusnya mencoblos.

Proses pemilihan yang terlambat, mulai dari penyaluran logistik ke TPS hingga perhitungan suara dan rekapitulasi hasil, juga menjadi sorotan.

Beberapa TPS bahkan ditutup sebelum waktu yang telah ditentukan, menyebabkan proses pemilihan tergesa-gesa dan berpotensi merugikan para calon dan partai politik tertentu.

Amsal Sama SH MH menyarankan agar pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten segera memanggil dan memeriksa kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, untuk mengklarifikasi dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi di Kota Dekai.

Hal ini diharapkan dapat memastikan keabsahan dan keadilan dalam proses pemilihan umum di wilayah tersebut.

Liputan : P. Karma

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Soal Dugaan Kecurangan Pemilu, Presiden: Semua Ada Mekanismenya
Next post Pesawat Caravan Asia One Ditembak OTK di Distrik Beoga Kabupaten Puncak
logo