0 0
Advertisement Section

Diduga Terjadi Kejanggalan Penghitungan Suara, Caleg di Yahukimo Lapor Bawaslu

Read Time:1 Minute, 15 Second

YAHUKIMO- Diduga ada kejanggalan dan kecurangan saat penghitungan dan rekapitulasi suara di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, para  Calon Legislatif (Caleg) Kabupaten Yahukimo melapor ke Bawaslu Yahukimo, Senin, (26/2/2024).

Eklon Amohoso, caleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1  mengatakan, laporannya ke pihak Bawaslu Yahukimo karena adanya dugaan kejanggalan pada penghitungan dan rekapitulasi suara di beberapa TPS yang berada di Distrik Dekai.

” Dalam proses penghitungan dan rekapitulasi hasil suara di Distrik Dekai sangat merugikan kami (Caleg),” ungkapnya.

Menurut Amohoso, Distrik Dekai merupakan barometer demokrasi di lima puluh distrik yang ada di Kabupaten Yahukimo, sehingga ia meminta kepada Bawaslu sebagai lembaga pengawasan untuk dapat proses pengaduan pihaknya.

” Hari ini kita lihat demokrasi di kota Dekai cacat hukum secara administrasi dan hukum, bagaimana dengan lima puluh distrik yang lain ? Sehingga , sebelum dari lima puluh distrik datang pengaduan dengan segala masalah-masalah yang terjadi, kami sebagai barometer demokrasi datang bawa pengaduan,” pungkasnya.

Caleg dari Partai PKB ini meminta kepada KPU, untuk tidak menerima hasil penghitungan suara dari panitia tingkat distrik Dekai sebelum pengaduan tersebut diproses oleh lembaga Bawaslu Yahukimo.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Yahukimo Yusem Bahabol membenarkan, bahwa pihaknya telah menerima pengaduan tersebut. Selanjutnya akan dipelajari dan ditindaklanjuti sesuai mekanisme lembaga badan pengawas pemilu.

” Benar, laporannya sudah diterima oleh pihak Bawaslu. Dan saat ini laporannya tengah di kaji oleh Bawaslu Yahukimo,” tutupnya.

Selaku Ketua pengawas pemilu tingkat kabupaten, Bahabol berharap untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum agar pesta demokrasi di Yahukimo dapat berjalan dengan baik.

Liputan : P. Karma

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post 9 Parpol Yang Lolos Ke Seanyan
Next post Polda Papua Barat Gelar Pengambilan Sumpah & Penandatanganan Pakta Integritas Dikbangum Polri T.A. 2024
logo