0 1
Advertisement Section

Sejumlah Titik Wilayah Di Ruas Jalan Trans Nasional Papua Barat Tertimbun Longsor Akibat Cuaca Buruk

Read Time:1 Minute, 39 Second

Mansel, Luapan Air Kali Ke Badan Jalan, dengan ketingian air di jalan antara 30 centi meter sampai 50 centimeter akibat Cuaca Ekstrim dengan curah Hujan yang tinggi, membuat Jalan di Manokwari Selatan ( Mansel ) Menajdi Macet dan tergangu.

Akibat tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir di sejumlah wilayah di Provinsi Papua Barat, yang membuat sejumlah titik ruas jalan nasional trans Papua Barat yang menghubungkan Manokwari dengan Mansel, Teluk Bintunin, Teluk Wondama, Pegunungan Arfak Mengalami Tergangu.

Karena jalan di Mansel Tertibun Lonsor dan air Pun Meluap Kebadan Jalan, lokasi longsor tersebut setidaknya beeada di wilayah distrik tanah rubuh, warkapi, dan gunung acemo, Kabupaten Mansel, Papua Barat.

Hingga minggu 5 mei 2024, terpantau akibat masih tingginya curah hujan, longsornya tanah dan bebatuan menjadi faktor utama penghambat mobilitas kendaraan masyarakat lintas kabupaten Mansel.

Selain longsor, meluapnya air kali, sungai ke badan jalan, air di jalan antara 30 centi meter sampai 50 centimeter sempat membuat Jalan Macet dan tidak bisa di lewati kendaraan sebab ruas jalan ditutup sementara, dan bahkan membuat antrian kendaraan memanjang hingga dua kilometer, dari masing – masing arah.

Timotius Wanggai, Kepala distrik Tanah Rubuh, saat dijumpai di salah satu titik longsor Menyampaikan, bahwa dirinya mengharapkan segera hal tersebut menjadi perhatian instansi terkait dan segera melakukan upaya penanggulangan tanggap Darurat.

Mengingat ruas jalan tersebut merupakan satu – satunya ruas jalan yang kerap dilintasi para pengendara baik roda dua dan roda empat Lintas kabupaten di Papua Barat.

Terlebih, sangat disayangkan apabila, dari peristiwa ini, menghambat Kaktifitas dan Perkekonomian karena, para masyarakat pedagang yang membawa hasil pertanian ke kota justru kerap terjebak dengan adanya longsor dan meluap air kali atau sungai di badan jalan.

Adapun sesuai pemantauan langsung Media di lapangan, akibat peristiwa ini, waktu tempuh yang biasanya hanya dua jam 30 menit dari kota Manokwari menuju Ransiki, Mansel, kini memakan waktu perjalanan sekitar 4 – 6 jam perjalanan.

Dan bahkan jika meluapnya air kali atau sungai di badan jalan, maka akses jalan akan terhambat mengakibatkan waktu tempuh perjalanan tidak menentu.

Liputan : Adrian Kairupan

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Upacara HUT Kabupaten Maybrat Ke-15 di Dansatgas Yonif 623 Hadiri
Next post Bersama Pemprov Sumut, Taspen Persero Sosialisasikan Program Sejahterahkan ASN dan Pensiunan
logo