0 0
Advertisement Section

Satgas TMMD Ke 116 Tahun 2023 Menjawab Kesulitan Air Bersih Di Malakuli Memalui Program Sumur Bor

Read Time:5 Minute, 14 Second

Fakfak, Warga Kampung Malakuli, Distrik Karas, yang selama ini mengeluh karena mengalami kesulitan air bersih yang merupakan kebutuhan hidup kini akan mendapatkan air bersih, dengan kehadiran satuan tugas ( satgas ) Tentara Nasional Indonesai ( TNI ) Manunggal Masuk Desa ( TMMD ) ke 116 tahun 2023, di Kampung Malakuli, Distrik Karas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Dengan adanya program sumur bor yang di buat oleh Satgas TMMD ke 116 tahun 2023, ini untuk membantu demi kehidupan ratusan jiwa yang ada di Kampung Malakuli, Distrik Karas, Kabupaten Fakfak.

Selama ini warga yang ada di Kampung Malakuli, Distrik Karas, Kabupaten Fakfak, Hanya mengharapkan air tadah hujan yang menjadi andalan untuk di konsumsi, tidak ada pilihan lain.

Warga Masyarakat Kampung Malakuli Pergi Ambil Air di Sumur / Foto Rahman

Saat ini ada sumur yang ada di sekitar Rumah penduduk namun tidak bisa di konsumsi karena air yang ada di sumur terasa asin menggadung kadar garam yang tinggi.

Apa bila musim kemarau ratusan waga yamg ada di Kampung Malakuli, Distrik Karas, Kabupaten Fakfak, bagaikan musyafir yang sedang menungu hujan, di sekitar Kampung Malakuli tidak ada sumber air lain kecuali air laut sumur yang mengadung zat garam terutama di RT 3.

Sumber air sangat jauh dan dan harus mengunakan trasportasi laut dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk transportasi mengabil air di sebrang pulau, Bahkan anak – anak pun setiap hari mambantu orang tua untuk mangabil air di sumur.

Kondisi Pipa Air Kampung Malakuli Distrik Karas / Foto Rahman

Selain kalau warga yang tidak mampu untuk menyebrang pulau untuk mengbail air maka dengan sangat terpaks megunakan air sumur yang terasa asin, dengan di saring cara di rebus berkali kali untuk sampai rasa asin dan zat garam tidak terasa baru dapat di konsumsi.

Saat kunjungan Dansatgas TMMD ke 116 tahun 2023, Letkol Inf Tri Handoko Wicakcono Dandim 1803/Fakfak Korem 182/Jazera Onim Dan Kodam XVIII/Kasuari, bersama Letkol Inf Arh M Khoirul Anam, Sebagai Kepala Seksi Teritorial Orem 182/Jazera Onim Kodam XVIII/Kasuari, ke lokasi TMMD ke 116 tahun 2023.

Rombongan dansatgas TMMD ke 116 bersama Danramil Karas dan Kapolsek Karas Iptu Fardi Jamal mengujungi langsung rumah penduduk warga Kampung Malakuli, Distrik Karas, Kabupaten Fakfak, terliahat sangant perihatan sekali.

Tempat Penampungan Air Profil tank dan Meteran Pipa Air di Kampung Malakuli / Foto Rahman

Karena keluhan warga masyarakat Kampung Malakuli, Distrik Fakfak, karena untuk demi ke kehidupan warga masyarakat.

Seperti yang di sampaikan Sadrak Feneteruma, warga RT 3 Kampung Malakuli, Kepada Wartawan bahwa memang sudah dipasang pipa dan meteran tetap mengalinya belum, di tanyakan sudah berapa lama namum dirinya mengatakan mau bilang lama tapi ini dari tahun ke tahun begitu sudah, untuk air minum hanya mengharapakan air hujan.

Sedankan kalau musim kemarau ya cari jalan ya adanya air sumur namun itu juga mejadi kendala ganguan kesehatan, jadi kita berusaha biar dengan perahu kita pergi ambil air di tempat yang jauh, dengan memakan waktu yang cukup dan megunakan perahu dan bahan bakar minyak ( BBM ) sepuluh liter.

Sadrak Feneteruma, warga RT 3 Kampung Malakuli, Ditrik Karas, sempat mencegat wartawan, untuk memyampaikan keluhan terkait Air Bersi / Foto Rahman

Kalau hanya untuk mandi bisa mengunakan sumur saudara – saudara yang ada di pingir pantai, sedagkan untuk air minum proses kadar garam terlalu tinggi jadi kita biasa mengunakan perahu ada saudara satu yang punya kebun di sebelah ada mata air kecil yang terpaksa di tempuh untuk mendapatkan air bersih, kalau hujan ya aman.

Begitu pula Ester Mimo, ibu rumah tangga warga RT 3 Kampung Malakuli, Ditrik Karas, sempat mencegat wartawan yang sama ikut kujungan Dansatgas TMMD ke 116 tahun 2023, untuk menyampaikan keluhan penderitaan kepada wartawan untuk di beritakan, terkait dengan penderitaan air bersih yang ada di Kampung Malakuli, Distri Karas, Kabupaten Fakfak, Papau Barat.

Ester Mimo, juga Menambahka, kalau musim pasah kita punya kerja tiap hari angkat air sudah, mau pun air minum juga susah setengah mati terus ini angkat air sumur, dengan proses di rebus saring lagi baru bisa di konsumsi atau minum, kalau anak – anak yang tahan dengan air sumur tidak apa kalau yang tidak tahan maka akan terjadi ganguan kesehatan batuk terus.

Ester Mimo, ibu rumah tangga warga RT 3 Kampung Malakuli, Ditrik Karas, sempat mencegat wartawan, untuk memyampaikan keluhan terkait Air Bersih di Kampung Malakuli / Foto Rahman

Dengan masalah air bersih harapan yang di sampaikan Ester Mimo, inginkan air bersih cepat di peroloeh masyarakat di Kampung Malakuli, Distrik Karas, Kabupaten Fakfak.

Letkol Inf Tri Handoko Wicakcono, Dansatgas Ttmd Ke 116, Dandim 1803/Fakfak Korem 182/Jazera Onim Dan Kodam XVIII/Kasuari, kepada wartawan di jelaskan, hari ini adalah hari kedua pelaksnaan TTMD ke 116, di Kampung Malakuli, Distrik Karas, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, kegiatan hari kedua ini kita sudah masuk dalam tahap pelaksanaan.

Yang Menyampaikan Dimana tadi, kami meninjau bersama – sama degan Letkol Inf Arh M Khoirul Anam Kasi Teritorial Korem 182/Jazera Onim Dan Kodam XVIII/Kasuari.

Untuk program selanjutnya tmmd ke 116 tahun 2023, di Kampung Malakuli, Distrik Karas, Kabupaten Fakfak, kita ada program pembuatan sumur bor air bersih, Kebetulan di wilayah kampung malakuli ini untuk air bersih belum ada, masyarakat hanya mengadalakan air hujan dan sumur tada hujan.

Letkol Inf Tri Handoko Wicakcono Dandim 1803Fakfak Korem 182Jazera Onim dan Kodam XviiiKasuari, bersama Letkol Inf Arh M Khoirul Anam bersama robongan mengujungi lokasih TMMD Ke 116 di Distrik Karas / Foto Rahman

Ini kita programkan pembuatan sumur bor rencana akan kita laksankan pengeboran air bersih ini sebanyak tiga titik yang di sebar di 7 RT yang ada di Kampung Malakuli yang akan bermandaat untuk masyarakat.

Untuk daya penampungan untuk satu titik sumur bornya akan di siapkan 2 buhan profil tank yang berukuran 2200 liter jadi 1 titik mendapat 4400 liter, yang di bikin tinggi menara untuk profil yang akan menampung air yang akan kita ambil dari pengeboran baru akan di distribusikan kepada masyarakat.

Untuk penampungan air ini murni program TMMD ke 116 Tahun 2023, yang nanti di buatkan profil tank dan pembuatan pipa nisasi untuk umum, kemudian dari pihak distrik sendiri akan mengusahakan pipa nisasi menuju ke perumahan yang terdekat dengan sumur bor kita ini.

Liputan : Rahman

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Profil Singakat Roby Awaludin Caleg Partai Golkar Dapil 1 DPR Kabupaten Fakfak
Next post Laksanakan Instruksi Presiden RI, Kodim 1803/Fakfak Juga Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak
logo